hermanspace.id
Tech Enthusiast
Blogging, Adsense, Menulis dan Personal Branding

Menurut Wikipedia, Blog (dari kata web log) adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini sering kali dimuat dalam urutan isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama, meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
Pengalaman ngeblog
Perjalanan saya dalam dunia blogging dimulai sekitar tahun 2003, sebuah era dimana platform blog semakin menjamur, ditandai dengan di belinya Blogger oleh google yang sebelumnya kembangkan oleh Pyra Labs. Saya memulai blog pribadi sebagai wadah untuk berbagi pikiran, pengalaman, karya-karya tulis, berbagi tips dan trik dan membahas isu-isu hangat saat itu. Platform Blogger saat itu sangat memudahkan para Blogger untuk membuat dan mengelola blog, bahkan bagi mereka yang tidak memiliki pengetahuan teknis yang mendalam. Desain blog pun menjadi semakin estetis, memungkinkan ekspresi kreatif lebih luas dalam tampilan dan pengalaman pembaca.
Alasan ngeblog
Waktu itu, salah satu motivasi terbesar membuat sebuah blog adalah monetisasi, untuk mendapatkan approval google, agar bisa menempelkan iklan AdSense pada halaman blog, yang diharapkan dapat menarik pembaca untuk mengunjugi banner-banner iklan yang ditata dibagian tertentu pada blog, yang tentunya akan memberikan komisi kepada pemilik blog melalui system Google AdSense.
Adsense
AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik atau dan CPM (Cost-Per-Thousand-Impressions) yaitu jika sebuah artikel atau web dikunjungi seribu kali.Program ini memudahkan pemilik blog untuk menghasilkan pendapatan pasif sambil memberikan pengiklan akses ke audiens yang relevan dengan produk atau layanan mereka. Untuk mendapatkan kunjungan, pemilik blog harus menerapkan teknik SEO.
SEO
Search engine optimization atau dalam bahasa Indonesia Optimisasi Bahasa Pencari, adalah teknik membuat sebuah blog atau website dapat diindex oleh mesin pencari, seperti Google Search, Bing, Yahoo! Search dan banyak lainnya. Tidak cukup hanya terindex, tetapi SEO juga adalah teknik agar web atau blog kita tampil pada urutan teratas jika sebuah kata kunci (keyword) yang tepat sesuai dengan topik yang kita bahas dimasukkan. Tujuannya?, tentunya semakin sering tampil diurutan atas, akan cenderung sering dikunjungi, dan sudah pasti, kemungkinan iklan-iklan adsense kita akan dibaca atau diklik semakin besar. Selain menerapkan standart yang sudah ditetapkan oleh mesin pencari, salah satu syarat search engine menempatkan sebuah blog diurutan teratas adalah keunikan sebuah artikel, yang belum pernah dibahas, atau bukan plagiat.
Plagiarism
Plagiarism dalam blog juga menjadi isu saat itu, karena selain para blogger juga punya kecenderungan berkomunitas saat itu, yang memiliki etika saling menghargai tulisan atau karya orang lain, Algoritma google juga menjadi alasan para blogger menghindari plagiat dalam membuat artikel. Algoritma Google menampilkan konten artikel yang berkualitas dan relevan dalam hasil pencarian. Google secara tegas menghukum halaman website atau blog dengan isu plagiarisme, dan blog dengan banyak isu plagiat berisiko mendapat penalty. Akibatnya, peringkat website tersebut dalam Search engin result page (SERP) kemungkinan besar akan menurun dan dapat bahkan dikeluarkan dari indeks Google.
Komunitas
Saat sosial media belum semasif sekarang, blogger salah satu platform berbagi informasi diinternet, tidak jarang para blogger berkolaborasi dalam komunitas, karena trafik dan kunjungan merupakan salah satu aspek penting untuk meningkatkan penghasilan di blog, sesama blogger sering saling mengunjungi dan mengomentari blog teman-teman satu komunitas, istilah terkenal nya adalah Blogwalking, selain mengomentari juga saling meninggalkan jejak link, agar pemilik blog yang dikunjugi dapat juga mengunjungi balik blog mereka. selain itu berbagai manfaat juga didapat ketika blogger bergabung dalam satu komunitas, dapat berbagi pegalaman, saling mendukung, bertukar ide, mengada kan event, membangun jejaring dan koneksi dan tentunya berbagi link dan saling mempromosikan.
Belajar Menulis
Dengan alasan Monetisasi, SEO, menghindari plagiat dan berkomunitas, akhirnya saya harus berusaha membuat artikel seunik mungkin, selalu melakukan riset terlebih dahulu apakah tulisan yang dibuat persis sama dengan yang pernah ada di internet, atau minimal di blog lain, tentunya dengan bantuan mesin pencari yang tersedia saat itu, karena ada aturan tak tertulis oleh sesama blogger, plagiat dari blog lain merupakan kegiatan tidak terpuji, apalagi ketika blogger peniru tersebut mendapat rank yang lebih tinggi pada hasil halaman pencarian. Memperbanyak membaca juga salah satu upaya untuk mencari ide yang saya lakukan untuk menambah postingan. Berbeda dengan menulis artikel biasa, menulis artikel di blog juga harus memperhatikan teknik SEO, yang membantu tulisan mendapatkan visibilitas yang lebih baik di mesin pencari, selain itu juga harus memikirkan keyword yang relevan dan terstruktur agar konten menjadi lebih SEO-Friendly.
Kualitas tulisan saya menjadi lebih baik? tentu sekali masih jauh, tetapi dengan menulis diblog, saya dapat membiasakan diri menuangkan ide-ide, pendapat, pengalaman, tips dan trik dalam bentuk tulisan, dan siap dibaca, dikomentari bahkan dikritik oleh siapapun yang dapat mengakses blog saya.
Personal Branding
Sekarang, menurut saya monetisasi bukanlah alasan utama masih tetap ngeblog sampai sekarang, dapat dilihat sendiri, tidak ada satupun iklan yang ada diwebsite ini (belum tau juga kedepannya). Berikut saya simpulkan beberapa tujuan blog ini masih tetap eksis:
- Personal branding. Blog memungkinkan personal branding lebih kreatif daripada media sosial
- Ekspresi diri tanpa sosial media. Melalui blog, saya dapat mengekspresikan diri mereka dengan cara yang unik, tidak mainstream.
- Pencitraan keahlian di bidang tertentu. Dengan menyajikan konten yang informatif dalam bidang tertentu, desain atau web development contohnya, saya dapat membangun citra memiliki kekahlian di bidang tersebut.
- Sebagai portfolio. dengan blog saya dapat memamerkan portofolio, memperlihatkan karya-karya, proyek, atau prestasi.
- Menunjukkan kompetensi digital. Memiliki blog juga menunjukkan kemampuan teknologi dan literasi digital.
- Belajar dan terus belajar. Dengan menulis artikel, saya harus terus belajar untuk menambah perbendaharaan informasi yang dapat dibagi kembali dengan versi yang lebih personal.
Blog bukan hanya tentang menarik pengunjung, tetapi juga tentang menciptakan jejak digital yang dapat bermanfaat untuk orang banyak dan diri sendiri, dengan berbagai alasan diatas, blog ini Insyaallah akan tetap ada sebagai bentuk perjalanan pribadi dan sebagai pengingat belajar tak akan ada habisnya. Sebagaimana tagline yang pernah saya tampilkan di blog saya terdahulu, اُطْلُبُوا العِلْمَ مِنَ المَهْدِ إِلى اللَّحْدِ “Tuntutlah ilmu sejak dari buaian hingga liang lahat”.